Biasanya jika seseorang berbusana, hal yang paling diutamakan adalah warna busana dan modelnya agar menghasilkan penampilan yang serasi dan stylish. Namun sebenarnya warna bisa merepresentasikan makna lain yang tanpa kita sadari menjadi panduan dalam berbusana.

Warna pada busana punya arti lebih selain soal mode dan gaya, lebih dari itu warna bisa memberi efek psikologis bagi si pemakainya.

Warna Putih, tak hanya bermakna netral, putih bisa diartikan cahaya, terang, dan bersih. Jika dikaitkan dalam hal berbusana, putih sering menjadi pilihan dalam busana kantor karena membuat si pemakai merasa sejuk dan nyaman. Putih juga melambangkan kepolosan dan kebersihan. Hal itu juga menjelaskan para pelaku medis menggunakan seragam putih untuk merepresentasikan bersih dan bebas kuman. Namun putih juga bisa mewakili dalam dunia fashion. Putih berarti tipis, tembus pandang dan cepat kotor.

Warna Hitam, hitam diartikan sebagai gelap, suasana sedih atau menyerap cahaya. Namun hitam dalam fashion berarti stylish, elegan dan seksi. Hitam sering menjadi andalan bagi mereka yang berbadan besar karena bisa menyamarkan bentuk badan. Hitam juga mencerminkan kekuatan dan keanggunan. Jadi, tidak mengherankan jika setiap perempuan wajib memiliki satu gaun hitam.

Warna Merah, adalah simbol kasih sayang dan gairah. Merah juga warna yang sarat emosi. Memiliki karateristik menantang namun menarik perhatian. Dalam berbusana, warna merah dipilih jika si pemakai ingin menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Tanpa perlu berkata apa-apa, seseorang yang memakai baju atau gaun merah seakan-akan menyerukan “lihat aku!”. Hanya saja merah juga sering membuat seseorang terlihat lebih besar dan dipercaya meningkatkan nafsu makan.

Warna Kuning, busana atasan berwarna kuning mungkin jarang digemari. Alasan paling umum dikemukakan adalah terlalu ngejreng. Kuning memang warna yang paling sulit diidentifikasikan oleh mata karena terlalu silau dan justru menyakitkan mata. Namun warna yang tergolong ceria ini juga memiliki sifat positif yaitu meningkatkan konsentrasi dan mempercepat metabolisme. Salah satu buktinya adalah kertas pesan tempel (stick note) yang menggunakan warna kuning.

Warna Biru, adalah warna yang menenangkan dan menyejukkan mood. Bila anda menyukai busana biru, anda adalah orang yang perhatian dan penyayang. Penggemar biru juga orang yang penyabar, sensitif dan mampu mengontrol emosi. Anda bisa jadi orang yang selalu diandalkan dan memastikan bahwa setiap orang senang saat bersama anda. Penyuka warna biru biasanya sangat menyukai ketenangan. Bila ingin merasa nyaman dan diterima tanpa harus tampil sangat percaya diri, warna biru bisa menjadi pilihan saat belanja pakaian online.

Warna Ungu, walaupun sering disebut dengan warna janda, ungu merepresentasikan kemewahan, bangsawan, kekayaan dan keanggunan. Selain itu warna ini justru mewakili kekuasaan dan sifat feminis dan romantis. Umunya, kaum perempuan yang telah mapan dan mandiri cenderung memilih ungu atau nuansa ungu dalam koleksi pakaiannya.

Warna Hijau, melambangkan alam, yang berarti tenang, dan segar. Warna ini menjadi salah satu pilihan paling digemari jika seseorang ingin tampil segar dan bersemangat. Sebuah penelitian bahkan menyarankan setiap meja kerja dilengkapi satu tanaman. Hal ini mengacu pada makna dibalik warna hijau. Selain itu hijau juga mencerminkan kemakmuran dan memiliki karakter maskulin. Tak heran, hijau tua lebih banyak digemari oleh kaum pria.

Warna Orange, perpaduan antara warna kuning dan merah ini identik dengan tipikal orang yang menyukai tantangan dan senang tampil sebagai pusat perhatian. Apalagi jika dipadukan dengan aksesori wanita yang menarik. Warna cerahnya juga akan membuat mood kamu naik.

Warna Pink, jika anda tipe perempuan yang sangat feminin, maka tidak salah jika memilih warna ini. Pink atau merah muda berarti lembut dan menimbulkan perasaan romantis. Pink juga dapat mengalirkan energi positif bagi si pemakai sehingga pemakai menjadi lebih relaks dan mudah didekati.

Warna Coklat, warna ini mewakili warna tanah, dan alam. Coklat mencerminkan tenang, kemapanan, kepercayaan. Bagi sebagian besar pria yang sudah mapan, mereka cenderung memilih warna ini untuk mengidentifikasikan gaya penampilannya. Busana warna ini bisa digunakan saat melobi klien. Efek visualnya penting banget untuk menimbulkan rasa kepercayaan dari orang lain. Dengan warna ini pula, orang lain nggak ragu buat kenal dengan kita dan bersahabat. Warna ini juga diperlukan saat kita pindah kerja dan bertemu dengan orang-orang baru.

Warna Abu-abu, memiliki arti netral, ketenangan, kerendahan hati, seimbang, bisa dikenakan pada saat acara formal. Warna ini cocok digunakan pada siang dan malam hari. Jadi, kalau ada acara di malam hari, tetapi malas pulang ke rumah untuk ganti baju, gunakan saja setelan abu-abu di siang hari dengan perubahan aksesori. Simple kan.

Warna Silver, identik dengan energi, berkesan emosional, sensitif dan misterius. Warna Emas, melambangkan kesuksesan, penghargaan dan kejayaan, juga berhubungan dengan kemewahan, harga diri, dan elegan. Dan masih banyak lagi makna dari warna-warna yang lainnya juga.

Untuk keperluan produksi baju untuk event, promosi, perusahaan, brand, komunitas, dll baik kaos, poloshirt, kemeja, jaket, dan lain-lain jangan ragu untuk mempercayakan produksi anda ke kami. Kami merupakan vendor konveksi kaos di Bandung sejak tahun 2009 yang memiliki tenaga kerja berpengalaman di bidang konveksi. Hubungi tim marketing kami untuk informasi lebih lanjut :
Line : indogarment

Whatsapp : 081221607050

Sumber : https://fitinline.com/article/read/unsur-desain-fashion-unsur-warna-makna-warna-2