Bagi sebagian orang, “Parka” merupakan kata yang masih asing, tapi bagi kalangan anak muda jaman sekarang yang ingin selalu update tentang fashion, jaket parka merupakan trend tersendiri akhir-akhir ini. Awalnya Jaket parka dibuat dari kulit karibu atau segel, jaket parka merupakan jenis jaket tebal atau mantel (coat) dengan kerudung (hoodie), sering juga dilapisi bulu atau bulu sintetis (bulu palsu). Mungkin banyak dari kita sudah sering melihat jaket jenis ini kan?

Dikawasan Kutub Utara, jaket parka sering digunakan untuk berburu dan melindungi dari suhu dingin yang ekstrim. Di kawasan Eropa, pada awalnya anak muda Inggris sering keluar malam, jaket parka digunakan untuk melindungi tubuh pemakainya dari cuaca yang dingin dan pada waktu itu masih jarang transportasi umum, pada akhirnya jaket parka lebih dipilih oleh mereka yang menggunakan scooter. Oleh karena itu jaket parka sangat identik dengan scooter.

Pada awal tahun 1950, jaket parka digunakan para awak penerbangan militer yang ditempatkan di daerah-daerah yang sangat dingin dan didisain untuk suhu sampai dengan -50 derajat celcius. Jaket yang tahan air ini merupakan jaket termurah pada saat itu. Kemudian pada tahun 1970, material yang digunakan sedikit berubah menjadi poliester yang membuat jaket parka lebih ringan.

Pada pertengan tahun 1870 sampai dengan tahun 1980, di Inggris jaket parka mengalami masa-masa kejayaanya, hampir setiap pemuda-pemudi di Inggris memakai jaket parka. Namun pada akhir tahun 1980 jaket parka menjadi tidak populer karena identik dengan Geeks atau biasa di sebut kutu buku, bahkan setiap anak yang masih menggunakan jaket itu menjadi bahan ejekan orang-orang disekitarnya.

Parka kembali populer di akhir tahun 1990 dan awal tahun 2000-an, setelah banyak artis yang menggunakan jaket parka. Kemudian marak digunakan oleh anak muda di seluruh dunia, bahkan banyak brand-brand terkenal yang sudah memproduksi jeket jenis ini.

Di Indonesia sendiri sudah menjadi gaya hidup di kalangan anak muda, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Banyak sekali muda-mudi yang sering menggunakan jaket parka ini, apalagi kalau sudah musim hujan. Sangat banyak pilihan desain dan sudah banyak penjual jaket parka di tanah air kita ini.

Source :  http://www.kaskus.co.id/thread/54520030507410870a8b4578/fakta-sejarah-jaket-parka/