Mungkin anda masih bingung untuk membedakan bahan kaos Cotton Combed dengan bahan kaos cotton carded. Yang membedakan Combed dan Carded berada pada benang yang digunakan pada rajutan kain. Ini dia bedanya Bahan Kaos Katun Combed dan Katun Carded

 

Cotton Carded
Kain katun carded ini dari benang-benang yang berbulu karena masih banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek-pendek.  Pada pembuatan kain katun carded ini tidak menggunakan mesin combingnya. Nama carded disini berasal dari nama mesin pemintalannya yaitu mesin Carding.

Cotton Combed
Kain katun combed ini menggunakan disusun dari benang kapas dimana pada saat pemintalaannya/spinning menggunakan mesin tambahan yang disebut dengan mesin combing yang gunanya untuk membuang serat-serat pendek dari kapas yang tidak optimal pada mesin sebelumnya (Mesin Carding).

Kapas dipilah dengan cara disisir atau comb, sehingga hasilnya didapatkan serat kapas yang lebih panjang dan serat-serat kapas yang pendek dibuang, sehingga jarang ada nap (sambungan kapas dalam pilinan benang), sehingga benang yang didapatkan lebih halus dan lebih kuat .

Dari pemaparan diatas perbedaan ada 2 yaitu penggunaan mesin combing dan serat benang yang digunakan. Serat pendek mengakibatkan munculnya bulu-bulu pada benang jadi jika serat pendek dibuang benang tidak akan berbulu dan saat jadi kain akan lebih halus. Dan saat ini katun combed memang menjadi primadona, sehingga dijadikan standar pembuatan kaos berkualitas, seperti kaos brand-brand ternama.