11951378_888639977839455_7238207371593436200_n

 

Macam macam bahan satin

Salah satu jenis kain yang banyak sekali digandrungi oleh kalangan wanita dan banyak sekali digunakan untuk berbagai keperluan adalah kain yang berbahan atau terbuat dari bahan satin. Bahan satin ini, salah satu bahan yang sangat indah untuk dijadikan pakaian karena bahan satin memiliki karakteristik kain yang mengkilap, licin, dan terkesan mewah dan elegan. Tidak salah mengapa banyak sekali jenis atau macamnya karena banyak untuk dibuat berbagai jenis pakaian dan keperluan mulai dari blouse, dress, gaun-gaun seperti gaun pesta, gaun pengantin, kerudung, mukena, bawahan seperti rok, dan juga untuk dasi pria. Bahan satin dibuat dengan cara ditenun, sehingga kerapatan dan kualitas tenunan yang ada pada bahan satin merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk kita perhatikan.
Layaknya jenis-jenis kain yang lainnya, kain satin juga memiliki beragam jenis atau macamnya. Apa saja macam-macam kain satin yang ada? Berikut ini adalah beberapa jenis atau macam bahan satin:

-Satin Duchesse
Kain satin jenis satin duchesse ini populer sekali di kalangan busana, biasanya digunakan untuk membuat pakaian atau busana seperti gaun, bahan gaun pengantin, dan dress-dress. Jenis bahan satin duchesse ini adalah kaku, agak berat, namun tetap mengkilap.

-Satin Jacquard/satin Faconne
Berbeda dengan satin duchesse yang agak kaku, satin jenis Jacquard atau satin Faconne ini lebih lembut, dan juga lebih lentur. Satin jenis ini juga merupakan satin yang berpola, bisa pola garis, paisley, atau pola floral.

-Satin Slipper
Banyak sekali sepatu atau sandal yang terbuat dari bahan satin, dan jenis satin yang digunakan bukanlah satin yang sama dengan satin yang biasa dijadikan gaun atau atasan, melainkan satin jenis Slipper. Satin slipper memiliki kelebihan yaitu bisa dicelup. Bahan pembuat sepatu ballet pun terbuat dari satin jenis ini.
-Satin Delustered/kulit sutra
Mendengar namanya, mungkin anda sudah bisa membayangkan bahwa kain ini adalah kain satin yang ringan dan kilaunya lain dari kilauan satin pada umumnya. Selain itu, kain satin jenis ini juga bisa digunakan pada kedua sisi nya yang mana saja (bolak-balik).

-Satin Damask
Jenis satin ini memiliki pola yang rumit dan biasanya dengan desain floral. Selain itu, satin damask juga bisa memiliki pola yang timbul atau muncul, biasanya beludru.

-Satin cloth
Satin jenis ini sangat populer di kalangan pakaian wanita, yaitu biasa digunakan untuk gaun gaun dan blouse.

 

Sumber : www.facebook.com/yayuk.lestari.56