Kita sudah tak asing lagi dengan istilah “souvenir”. Banyak orang berpendapat bahwa souvenir adalah berupa cendera mata yang di tujukan untuk memberikan kenangan-kenangan kepada orang yang diberikan souvenir ini. Istilah yang berasal dari bahasa inggris ini bermakna tanda mata, dalam bahasa Indonesia di sebut suvenir. dalam bahasa inggris souvenir di artikan sebagai “something of sentimental value” yaitu sesuatu yang memberikan efek sentimental yang menyentuh perasaan penerimanya. Arti kata lainnya adalah “gift” atau hadiah.

Dalam perkembangannya, souvenir di gunakan sebagai pengingat akan suatu event tertentu. Pihak yang menyelenggarakan event pasti ingin agar peserta event terus terinternalisasi akan meriahnya event yang telah diselenggarakan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kenang-kenangan sebagai pengingat peserta akan event tersebut. Souvenir pun dinilai cukup efektif, karena siapa yang tidak mau di beri souvenir gratis dari pihak penyelenggara. Semua peserta akan memberikan apresiasi atas souvenir yang di berikan, tentu souvenir yang di berikan tetap harus memperhatikan aspek kualitas.

Ada teori yang menyebutkan bahwa souvenir dapat dikatakan efektif memberikan “sentimental value” jika memenuhi dua syarat. Pertama, souvenir tersebut harus sesuai dengan kebutuhan penerimanya. kedua, souvenir tersebut harus bisa menginterpretasikan pihak penyelenggaranya.

Lalu, apa kegunaan Souvenir bagi Perusahaan?

Suatu perusahaan pastilah melakukan pemasaran agar mendapatkan keuntungan dari produk yang di jualnya. Kegiatan pemasaran tidak hanya urusan menyampaikan produk kepada pasar hingga membuat pasar membeli produk tersebut. Lebih dari itu, pemasaran yang baik menargetkan agar suatu perusahaan memiliki pasar yang loyal terhadap perusahaannya dan senantiasa bersifat continue untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

Dari sekian banyak taktik pemasaran yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan, salah satunya adalah dengan melakukan promosi penjualan atau bisa juga dengan menyelenggarakan event-event kehumasan sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pasar. Nah di situlah, suatu perusahaan membutuhkan “something of sentimental value” untuk di berikan kepada pasarnya, dan itu yang di sebut souvenir.

Souvenir akan semakin memberikan nilai guna jika di dalam souvenir tersebut mencantumkan brand perusahaan Anda atau apapun informasi terkait perusahaan seperti no telephon, alamat web site, hingga takline produk perusahaan Anda. Souvenir tersebut akan mampu menjadi pengingat kepada pasar terhadap perusahaan Anda. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan souvenir saat menyelenggarakan event-event tertentu. Gantungan kunci, kalender, kaos, topi, dan banyak bentuk barang lainnya yang di percaya mampu memberikan efek emosional kepada pasar.

Kaos sangat cocok sebagai souvenir perusahaan

Dari sekian banyak bentuk barang, banyak yang memilih bahwa kaos adalah barang yang paling pas untuk di jadikan souvenir perusahaan. Alasannya adalah, suatu souvenir akan sangat efektif jika memenuhi syarat, yaitu di butuhkan oleh pasar dan mampu mewakili informasi perusahaan penyelenggara. Nah, kaos mampu menjawab kedua syarat tersebut.

Saat ini siapa sih yang tidak butuh kaos? Untuk santai di rumah saja setiap orang lebih memilih mengenakan kaos. Barang ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Selain itu, kaos pun bisa di cetak dengan gambar dan tulisan yang menampilkan informasi perusahaan. Oleh karena itu, sarana promosi penjualan dengan kaos akan sangat efektif, gambar dan tulisan bisa di letakkan lebih banyak di kedua sisi kaos (depan-belakang). Buktinya, banyak partai-partai yang menggunakan kaos sebagai souvenir untuk simpatisan mereka saat kampanye pemilu.

Kaos sendiri memiliki banyak jenis bahan dan harga. kita bisa memilih jenis kaos yang sesuai dengan budget yang kita miliki. tentunya sebagai representasi perusahaan, perusahaan perlu memilih konveksi kaos yang terpercaya, sehingga hasil kaos yang didapatkan memang sesuai dengan pesanan baik dari segi kualitas bahan, sablon, jahitan, dan ketepatan waktu pengerjaan. karena kualitas kaos yang baik dengan desain kaos yang baik akan membuat orang yang mendapatkan kaos tersebut sering memakai kaos yang kita berikan, yang berarti “promosi” perusahaan/brand kita dilakukan oleh pemakai kaos tersebut. semakin tahan lama kaos, maka semakin lama juga jangka waktu brand/perusahaan kita di “promosi” kan.

Pusat Kaos Bandung sebagai salah satu konveksi kaos di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2009 telah mengerjakan berbagai kaos untuk merchandise perusahaan baik untuk event, konsumen, gathering, dll. percayakan brand/perusahaan anda hanya pada yang sudah terpercaya dan berpengalaman untuk mendapatkan penawaran terbaik dengan kualitas produk yang baik juga.