11899878_887731721263614_2955606096603202037_n

 

#Katun

Siapa siyh yang tidak kenal dengan bahan katun. Bahan yang terbuat dari serat kapas ini sering dipakai untuk dijadikan potongan pakaian dan paling banyak diminati. Bahan ini sudah digunakan berabad-abad karena seratnya yang ringan namun kuat. Beberapa kelebihan dan kekurangan kain katun adalah:

Kelebihan
– Tidak kisut jika dicuci
– Tidak luntur (khususnya untuk kain berwarna)- Tidak berbulu
– Dapat menyerap keringat
– Bahan yang mudah untuk disablon

Kekurangan
– Mudah kusut
– Gampang berjamur
– Bahannya sedikit kaku dan dingin

Cara merawat bahan katun:

– Usahakan selalu menggunakan air dingin saat mencuci,
– Jangan rendam lebih dari dua jam pada air bedeterjen karena akan membuat bahan rusak,
– Jangan menjemur di panas matahari langsung namun ditempat yang lebih teduh dengan sinar sedikit,
– Lebih baik gantungkan baju saat penyimpanan karena bahannya yang mudah kusut.

Bahan katun juga memiliki beberapa tipe lowh (banyak tipe tapi saya hanya memilih 4 yang paling dekat dengan kita):

1. Katun Biasa: Bahan katun yang agak kaku, sedikit tipis, dan tidak stretch. Biasanya memiliki daya serap yang sedang hingga bagus. Harga pun relatif lebih murah dengan motif bahan seputaran polos, garis, bunga-bunga, ataupun abstark.

2. Katun Jepang: Bahan ini terbuat dari combed 100% full cotton. Bahan ini memiliki tekstur yang halus dengan daya serap yang sangat bagus. Harganya pun relatif mahal. Biasanya bahan ini dipakai untuk sprei.

3. Katun Paris: Sebenarnya kualitas katun paris hampir sama dengan katun jepang hanya lebih tipis saja. Yang pasti daya serapnya bagus sehingga harga pun mahal. Biasanya bahan ini dipakai untuk blouse wanita ataupun kerudung.

4. Katun Silk: Katun ini dinamakan ‘silk’ karena memiliki permukaan yang mengkilap. Sayangnya daya serap keringatnya paling rendah. Tapi kilap bahan ini tidak hilang setelah di cuci loh. Harganya lebih mahal dari katun biasa tapi tetap lebih murah dari katun jepang. Sekarang mulai banyak pakaian seperti dress dan rok yang menggunakan bahan ini.