• Drill

Kain drill adalah kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari, blouse, dan pakaian olahraga. Untuk kain drill yang lebih tebal biasanya digunakan sebagai bahan korset dan bahan pakaian kerja atau seragam.

Pada perang dunia kedua kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah perang dunia kedua usai, banyak tentara kembali ke kampus sehingga kain drill menjadi populer digunakan untuk membuat pakaian kasual. Kain drill yang berat karena berbahan kain yang tebal biasanya digunakan untuk membuat seragam juru masak atau koki, karena kainnya yang tebal bisa melindungi pemakainya dari panas.

  • American Drill. Karakteristiknya adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis ini terbuat dari bahan katun dan polyester.  Biasanya digunakan untuk membuat jas almamater.
  • Japan Drill. Jenis kain drill yang paling populer digunakan untuk membuat seragam, khususnya untuk seragam lapangan. Kain japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Kain ini yang paling disukai adalah yang komposisinya lebih banyak terbuat dari katun, karena lebih nyaman dipakai dibandingkan dengan kain japan drill yang banyak kandungan polyester Merek yang terkenal adalah Nagata Drill.
  • Taipan Drill. Jenis kain drill yang terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron. Jenis kain ini memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah kusut, serta memiliki permukaan yang halus. Kain ini juga dapat menyerap air dengan baik, sehingga nyaman untuk digunakan. Jenis kain ini biasanya banyak digunakan untuk bahan membuat baju seragam pemerintahaan, dengan warna umum yang digunakan adalah cokelat
  • Oxford

Kain oxford merupakan jenis bahan kain tekstil bertekstur rata yang biasa digunakan untuk membuat kemeja, seragam kerja, dan seragam sekolah. Kain oxford yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, merupakan jenis kain rajutan yang dibuat dengan cara dianyam, sehingga teksturnya lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill. Sebagai pelengkap kebutuhan fashion, tidak jarang pula banyak yang menggunakan kain oxford untuk membuat celana atau kerudung.

Kemeja yang dibuat dari bahan oxford sangat sesuai untuk gaya kasual maupun formal, dan dapat dikenakan oleh pria maupun wanita. Warna-warna yang biasa ditampilkan pada kemeja oxford umumnya cenderung lembut, seperti abu-abu, biru laut, hijau toska, merah, dan kuning pastel.

  • Taipan Tropical

Kain taipan tropical adalah bahan dengan kandungan katun yang tinggi, sehingga bila dipakai tetap dingin. Jenis kain untuk seragam ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dan bahannya lebih halus. Kain ini biasanya digunakan untuk kemeja kerja. Taipan tropical memiliki kualitas yang paling baik, kainnya lebih lembut juga memiliki lebih dari 150 warna serta banyak perusahaan besar yang menggunakan bahan ini untuk seragam para karyawannya. Taipan tropical memiliki berbagai merek, seperti Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop, dan lainnya.

  • Ripstop

Kain ripstop merupakan kain tenun yang terbuat dari benang nilon. Dalam proses penenunan menggunakan teknik khusus yang membuatnya tahan terhadap robek. Kain ripstop memiliki struktur 3 dimensi dengan tekstur kotak-kotak. Kain jenis ripstop ini memiliki kelebihan, yaitu awet dan sulit ditembus air. Bahan yang digunakan untuk membuat ripstop adalah kapas, sutra, polyester, polypropylene, dan nilon. Kain ripstop banyak digunakan untuk membuat seragam tentara, tas ransel, dan tas koper. Selain itu, kain ini juga bisa digunakan untuk membuat layar kapal, balon udara, layang-layang, parasut, tenda kemah, bendera, dan spanduk.

  • Kanvas

Kain kanvas adalah bahan yang memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya digunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung, karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai, biasanya agak gerah karena tebal. Untuk di pasaran, jenis kain kanvas yang cukup tebal tapi masih nyaman dipakai sebagai pakaian adalah kanvas marsoto dan kanvas oxford.

  • Denim

Kain denim merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari katun twill, tetapi terkesan lebih halus dan tipis. Selain dimanfaatkan sebagai bahan celana, rok, maupun tas, kain denim juga dapat digunakan sebagai bahan kemeja. Bahkan pada perkembangannya, kain denim yang terkesan keras juga dijadikan bahan untuk membuat busana batik.

 

Untuk keperluan produksi baju untuk event, promosi, perusahaan, brand, komunitas, dll baik kaos, poloshirt, kemeja, jaket, dll jangan ragu untuk mempercayakan produksi anda ke kami. kami merupakan vendor konveksi dari tahun 2010 yang memiliki tenaga kerja berpengalaman di bidang konveksi. hubungi tim marketing kami untuk informasi lebih lanjut:
line : indogarment
whatsapp : 081221607050 / 081222828948

kunjungi juga website dan social media kami
fb : @pusatkaosbandungdotcom
ig : @pusatkaosbandungdotcom
web : www.pusatkaosbandung.com